Rabu, 04 Januari 2012

Utama » Berita Pilihan, Minahasa Tenggara

Amburadul, Proyek Jalan Belang – Morea Berbanderol Rp 4,9 M

Manado Today   |   7 Desember 2010 – 13:59 WITA

Salah Satu Bagian Yang Rusak Pada Proyek Jalan Belang - Morea

Belang Today - Pengerjaan proyek jalan Belang-Morea oleh kontraktor PT ST ini diduga tak sesuai dengan ketentuan dan mekanisme yang berlaku. Pasalnya, proyek jalan Belang-Morea yang dibiayai dari APBD Mitra sebesar 4,9 Miliar dan sesuai kontrak penyelesaiannya pada Desember 2010, terancam tak selesai.
Berdasarkan papan proyek yang dikontrak pada bulan Mei 2010 ini, tertera lamanya pekerjaan adalah 180 hari kerja yang dimulai sejak  Juni hingga Desember 2010. Sementara fakta yang ada di lapangan, berdasarkan pemantauan manadotoday serta beberapa wartawan lainnya, pekerjaan terlihat asal jadi.
Ironisnya lagi, ruas jalan 15 kilometer dengan spesifikasi 3,5 kilometer pengasapalan, 3 kilometer pengerasan,ternyata telah di Hotmix tanpa pelaksanaan pengerasan terlebih dahulu. ” Sebenarnya untuk teknis pekerjaan hanya diaspal bukan di hotmix. Dan saat ini tanpa pengerasan justru telah di Hotmix” ungkap Hukum Tua Borgo Yunus Tondais kepada wartawan.
Lebih lanjut Tondais menyebutkan dari 3,5 kilometer yang seharusnya diaspal, ternyata hanya 1 kilometer yang diaspal.  ”Sesuai Kepmendagri, seharusnya pengerjaan proyek tersebut semestinya dari pihak kontraktor harus terlebih dahulu melapor ke perangkat desa, tapi ini tidak pihak kontraktor tanpa mengkordinasikan dengan perangkat desa langsung dikerjakan, untuk itu karena tak ada pengawasan pengerjaan dari warga dari proyek ini terindikasi tak maksimal,” ujar Tondais. Sementara itu PLh Kadis PU Mitra Hanang Wahyudi, ST ketika dikonfirmasi melalui sambungan telepon, tak dapat dihubungi. (evel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar